Pernahkah kamu sadar bahwa proses komunikasi yang kita lakukan sehari-hari adalah aktivitas yang dinamakan feedback?
Arti feedback sendiri merupakan sebuah kegiatan yang melibatkan dua pihak yang sedang berkomunikasi dan memberikan respon dari sebuah topik pembahasan. Kemampuan berkomunikasi yang baik dapat membantu menghindari miskomunikasi, dan feedback adalah salah satu bagian terpentingnya.
Apa itu Feedback?
Umpan balik adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yaitu "feedback". Kata "feed" berarti memberi dan "back" berarti kembali. Jadi, umpan balik berarti memberi kembali atau timbal balik. Secara lebih spesifik, feedback adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam proses komunikasi, berupa tanggapan terhadap sesuatu yang dilakukan oleh orang lain, baik secara verbal maupun non-verbal. Umpan balik juga dapat berfungsi sebagai tkamu apakah pesan atau komunikasi yang telah dilakukan tersampaikan dengan baik atau tidak. Feedback dapat terjadi dalam berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk dalam dunia bisnis. Feedback dari pelanggan sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis. Hal ini karena umpan balik pelanggan dapat digunakan perusahaan untuk melakukan perbaikan atau peningkatan demi keberlangsungan bisnis.Jenis-Jenis Feedback
Setelah kamu mengerti definisi feedback, berikut adalah beberapa jenis feedback, antara lain:1. Feedback Positif dan Feedback Negatif
Feedback positif adalah tanggapan yang menunjukkan bahwa pesan atau informasi yang disampaikan telah diterima dengan baik dan sesuai dengan harapan. Feedback negatif adalah tanggapan yang menunjukkan bahwa pesan atau informasi yang disampaikan tidak diterima dengan baik atau tidak sesuai dengan harapan.2. Feedback Internal dan Feedback Eksternal
Feedback internal berasal dari diri sendiri. Contohnya adalah ketika kita ingin menyampaikan sesuatu namun lupa terhadap informasi tersebut maka kita akan meralat informasi tersebut. Hal tersebut merupakan feedback internal. Hal yang berbeda dengan feedback eksternal yang dimana berasal dari lawan bicara, dimana feedback ini memberikan respon terhadap pernyataan yang diberikan .Fungsi Feedback
Feedback memiliki fungsi untuk mengetahui apakah pesan tersebut tersampaikan dengan baik atau tidak. Dengan mendapatkan feedback dari orang lain, kita akan mengetahui apakah pesan atau informasi yang disampaikan telah diterima dengan baik dan feedback juga membantu kita untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas kinerja, produk, atau layanan yang diberikan.Tips Menyampaikan Feedback
- Berikan umpan balik secara spesifik dan jelas
- Berikan umpan balik yang membangun
- Berikan umpan balik secara tertutup
- Fokus kepada inti permasalahan