Di Indonesia, tentunya setiap sekolah baik swasta maupun negeri harus berhubungan dengan sistem kurikulum nasional. Namun, kurikulum yang khusus disetujui untuk sekolah internasional tentunya berbeda, sekolah internasional mengikuti kurikulum internasional yang sesuai dengan sistem pendidikan internasional.
Sampoerna Academy hadir sebagai sekolah kurikulum internasional unggulan tentunya menerapkan kurikulum internasional untuk mempersiapkan peserta didik dengan landasan global dan kualifikasi akademik yang diakui secara internasional.
Ingin tahu kurikulum internasional apa yang berlaku di Sampoerna Academy? Mari kita bahas terlebih dahulu pengertian kurikulum, kurikulum internasional, sekolah internasional, serta penerapannya di Indonesia.
Pengertian Kurikulum
Dalam dunia pendidikan, kurikulum merupakan bagian penting dari keberhasilan pendidikan. Dalam Undang-Undang Nomor 2003, Pasal 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, mendefinisikan kurikulum sebagai seperangkat rencana dan pengaturan tujuan, isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Sistem pendidikan Indonesia biasanya menggunakan kurikulum nasional yang disesuaikan dengan sistem Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2013. Saat ini akibat pandemi Covid-19, kurikulum Indonesia merupakan kurikulum darurat yang masih berkaitan dengan kurikulum 2013. Selain kurikulum nasional, juga terdapat kurikulum internasional di Indonesia. Kurikulum ini biasanya terdapat pada sekolah-sekolah swasta yang berstandar internasional, seperti Sampoerna Academy. Sebelum membahasnya, berikut adalah pengertian dari sekolah internasional.Pengertian Kurikulum Internasional
Apa itu kurikulum internasional? Kurikulum internasional adalah pedoman yang digunakan di sekolah internasional dimana peserta didik bebas memilih mata pelajaran sesuai dengan minatnya sendiri dan menggunakan bahasa Inggris dalam pengantarnya. Salah satu alasan diterapkannya kurikulum internasional adalah adanya perubahan standar dan harapan orang tua yang menginginkan anaknya melanjutkan pendidikan di luar negeri atau di sekolah dengan standar internasional yang sudah umum di Indonesia. Bahasa Inggris biasanya digunakan sebagai bahasa pengantar di sekolah dengan kurikulum ini. Sementara itu, sekolah nasional menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris dan bahasa daerah termasuk dalam mata pelajaran biasa. Baca juga: Mengenal IBDP dan Keunggulannya di Sampoerna AcademyApa Itu Sekolah Internasional
Menurut Permendikbud, sekolah internasional atau Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) merupakan satuan pendidikan yang diselenggarakan atau dikelola berdasarkan kerjasama antara Lembaga Pendidikan Asing (LPA) yang terakreditasi dan Lembaga Pendidikan Indonesia (LPI) melalui jalur formal atau informal. LPI tersebut dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Sekolah internasional yang sudah mendapat status SPK harus mengikutsertakan tiga mata pelajaran lokal, antara lain pendidikan agama, bahasa Indonesia, dan kewarganegaraan. Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan diberikan kepada Warga Negara Indonesia (WNI), sedangkan bahasa dan budaya Indonesia diajarkan kepada Warga Negara Asing (WNA). Ketiga mata pelajaran ini harus diberikan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada peserta didik. Dengan demikian, peserta didik yang bersekolah di sekolah internasional dapat memiliki keterampilan global dan karakter Indonesia. Selain itu, dengan ketiga mata pelajaran tersebut diharapkan para pendiri sekolah yang berstatus internasional atau SPK tetap berada dalam sistem pendidikan nasional.Perbedaan Sekolah Nasional dan Internasional
Kurikulum sekolah nasional dan internasional pasti berbeda. Tentunya kurikulum ini juga mempengaruhi pelaksanaan ujian di sekolah masing-masing. Di sekolah nasional, peserta didik diwajibkan mengikuti dua jenis ujian, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Pada saat yang sama, selain kedua ujian tersebut, setiap peserta didik di sekolah internasional harus mengikuti satu ujian lagi, yaitu ujian resmi sesuai dengan kurikulum internasional yang diterapkan di sekolah tersebut. Perbedaan lainnya adalah bahasa pengantar dan tenaga pendidik.Keunggulan Kurikulum Internasional
Kurikulum ini dapat membentuk karakter dan keterampilan peserta didik untuk mendominasi persaingan global. Selain itu, adapun beberapa keunggulan dari kurikulum internasional, yaitu:- Fasih berbahasa Inggris
- Pendidikan yang modern dan terbaru
- Memiliki wawasan internasional
- Menyiapkan peserta didik sebagai pemimpin masa depan
- Potensi kemampuan peserta didik lebih diolah
Jenis-jenis Kurikulum Internasional di Indonesia
Berikut adalah jenis-jenis kurikulum internasional yang diterapkan pada sekolah internasional di Indonesia.Kurikulum Montessori
Kurikulum Montessori adalah salah satu kurikulum populer di sekolah internasional. Kurikulum ini hanya diterapkan pada tingkat prasekolah dan sekolah dasar karena penekanannya pada pengembangan karakter dan pengarahan diri. Salah satu keunggulan kurikulum Montessori adalah peserta didik tidak fokus untuk mendapatkan nilai terbaik. Sebaliknya, ini berfokus pada perilaku dan adaptasi terhadap lingkungan belajar peserta didik.Kurikulum Internasional Cambridge
Kurikulum ini merupakan kurikulum internasional yang diterapkan di Sampoerna Academy. Seperti namanya, kurikulum ini berasal dari Inggris dan dirancang serta dikembangkan langsung oleh University of Cambridge. Kurikulum ini mengajarkan peserta didik untuk berlatih berpikir kritis dan analitis. Fokus kurikulum ini terdapat pada empat isu, antara lain perspektif internasional, pentingnya belajar bahasa Inggris untuk anak-anak, metode pendidikan modern dan peluang besar untuk melanjutkan studi di universitas terbaik.International Baccalaureate (IB)
International Baccalaureate (IB) adalah kurikulum yang berasal dari Jenewa, Swiss, pada tahun 1960-an. Kurikulum ini mengajarkan peserta didik berpikir kreatif, kecerdasan emosional yang baik, serta keterampilan intelektual dan sosial. Selain itu, kurikulum IB juga mengamalkan solidaritas dan empati untuk terus peduli terhadap sesama dan lingkungan.International Primary Curriculum (IPC)
IPC merupakan kurikulum yang saat ini banyak digunakan di sebagian besar sekolah internasional di Indonesia. Salah satu keunggulannya adalah fokus pada pengembangan karakter dan kepribadian peserta didik (student-centric). Kurikulum IPC tidak hanya mengajarkan pentingnya akademik, tetapi juga membangun karakter dan kepribadian yang bersinar di perhelatan nasional dan global.Singaporean Primary School Curriculum (SPC)
Seperti namanya, kurikulum SPC berasal dari Singapura. Kurikulum ini menitikberatkan pada fleksibilitas pembelajaran sesuai dengan potensi dan minat peserta didik. Tujuannya agar setiap peserta didik berdaya saing internasional.Sampoerna Academy dan Kurikulum Internasional
Selain sarana dan prasarana, serta tenaga pendidik, tentu saja kurikulum merupakan hal terpenting dalam sebuah sekolah atau dalam proses belajar mengajar. Kurikulum yang baik dan terstruktur dapat memfasilitasi belajar mengajar, memfasilitasi transmisi guru dan penyerapan peserta didik. Dengan menerapkan kurikulum internasional dan metodologi terbaik dunia berdasarkan STEAM - Science, Technology, Engineering, Arts, and Math yang diterapkan di Amerika, Sampoerna Academy mempersiapkan peserta didik dengan landasan global dan kredensial akademik yang diakui secara internasional.Kurikulum International Cambridge yang diterapkan di Sampoerna Academy
Kurikulum Cambridge berasal dari Inggris dan dikendalikan langsung oleh University of Cambridge. Dalam sistem ini, peserta didik dilatih untuk memiliki keterampilan analitis dan kritis. Selain itu, juga ditingkatkan dengan penekanan pada public speaking. Dengan ini, peserta didik terbiasa berbicara di depan umum. Kurikulum ini memiliki empat fokus. Dua diantaranya pembelajaran bahasa Inggris untuk peserta didik dan perspektif internasional. Selain itu, kurikulum ini menawarkan kesempatan kepada peserta didik untuk melanjutkan di universitas terbaik dan menerapkan metode pengajaran dengan sistem modern dan terkini.Tujuan Kurikulum Cambridge pada Sampoerna Academy
Kurikulum ini juga memiliki tujuan yang sangat luas. Dalam sistem ini, lebih ditekankan pada proses daripada kepentingan dan hasil. Selain itu, perangkat pengajaran yang digunakan menekankan pada pengembangan keterampilan dan minat peserta didik. Dengan demikian, pemahaman terhadap bidang lebih mendalam.Keunggulan Kurikulum Cambridge pada Sampoerna Academy
- Studi informasi yang mendalam adalah dasar untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah.
- Pemahaman konseptual untuk memahami subjek, mengubahnya, membuat koneksi dan membuka cara berpikir baru.
- Keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi pemecahan masalah, berpikir kritis, penelitian mandiri, dan mengungkapkan pendapat.
Keunggulan Sampoerna Academy
- Secara akademis, Sampoerna Academy memprioritaskan pengembangan keterampilan kognitif dan komunikasi daripada menghafal karena peserta didik harus dapat menerapkan pengetahuannya pada situasi nyata dan tidak hanya memperoleh fakta.
- Sampoerna Academy memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk berpartisipasi dan berkontribusi pada kesuksesan akademik.
- Menjunjung tinggi sistem nilai budaya Asia yang kuat yang merayakan keharmonisan, ketertiban, dan rasa hormat sosial.
- Keahlian STEAM membedakan peserta didik Sampoerna Academy dari sekolah lain.
- Ruang kelas Sampoerna Academy adalah platform untuk belajar melalui latihan, eksplorasi, pencarian dan penemuan masalah, membangun pemahaman, dan pertanyaan.