Sampoerna Academy merupakan sekolah internasional yang menerapkan metodologi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) yang mendorong lima komponen siswa yaitu 5C (Communication, Collaboration, Creativity, Character, and Critical Thinking). Salah satu yang penting dalam pengembangan metode STEAM adalah pengembangan karakter.
Dr Mustafa Guvercin selaku School Director of Sampoerna Academy menjelaskan bahwa pendekatan STEAM dapat memungkinkan siswa menjadi individu yang lebih dewasa, percaya diri, serta memiliki tujuan belajar yang kuat. Metode ini juga mengintegrasikan experiential learning yang efektif dan efisien untuk membuat siswa memahami passion yang ingin mereka kejar di masa depan.
Pengembangan karakter adalah proses memperdalam dan memperluas karakter dalam kepribadian baik dalam narasi akademik maupun non-akademik. Tujuan pengembangan karakter adalah untuk melibatkan penciptaan dan peningkatan karakter dalam hal kepribadian, motivasi, latar belakang, hubungan interpersonal, dan pertumbuhan karakter seiring alur cerita.
Pada tanggal 26 Februari 2020, Sampoerna Academy meraih prestasi global yang dimana sebanyak tujuh siswa mendapatkan penghargaan:
Mengenal Metode STEAM pada Pendidikan Karakter di Sampoerna Academy
Apa itu metode STEAM dalam pendidikan?
Metode STEAM adalah sebuah pendekatan pendidikan yang bertujuan untuk membangun minat serta kecintaan anak-anak terhadap seni dan sains sejak dini. Metode pendidikan ini menerapkan sistem pembelajaran berbasis proyek. Metode STEAM bertujuan untuk membentuk lingkungan belajar yang inklusif sehingga semua siswa dapat terlibat dan berkontribusi dalam pembelajaran. Sampoerna Academy ingin memfokuskan pada pengembangan karakter anak-anak melalui pendekatan kurikulum internasional yang disesuaikan dengan IEYC, Cambridge, IBDP untuk memastikan standarisasi kualitas tetap terpenuhi dan setiap siswa memiliki antusias belajar seperti layaknya di sekolah melalui metode Virtual Schooling.Bagaimana metode STEAM diterapkan di Sampoerna Academy?
Metode pembelajaran STEAM di Sampoerna University menekankan pada pembelajaran yang dipersonalisasi. Guru akan mengajak anak untuk membuat kelompok belajar dan nantinya setiap siswa akan mengadakan penelitian yang merujuk pada minat pribadi siswa. Dalam pembelajaran STEAM, siswa akan dilatih dalam pemecahan masalah yang berorientasi di dunia nyata. Siswa akan belajar bagaimana cara untuk mengumpulkan informasi, menganalisis, mensintesis, dan memahami sebuah kasus. Di akhir pembelajaran, guru akan mengajak siswa untuk mempresentasikan terhadap pengetahuan baru yang mereka peroleh.Apa manfaat dari pendekatan STEAM dalam pengembangan karakter anak?
Dari semua informasi mengenai pendekatan STEAM, berikut adalah manfaat pendekatan STEAM bagi perkembangan karakter anak:- STEAM memprioritaskan pengembangan keterampilan kognitif dan meningkatkan kemampuan komunikasi anak-anak.
- Metode ini membuka peluang bagi siswa untuk lebih mengenal minat dan bakat mereka masing-masing
- Ruang belajar metode ini sangat luas untuk kegiatan secara langsung, eksplorasi, penyelidikan, penciptaan pengetahuan, dan dialog.
- Siswa menjadi didorong untuk berpikir secara kreatif, menyelesaikan masalah (problem solving), dan berani mengambil risiko yang sudah diperhitungkan dampaknya bagi anak.
Keunggulan Pendidikan Karakter Berbasis STEAM di Sampoerna Academy
Apa saja keunggulan pendidikan karakter berbasis STEAM di Sampoerna Academy?
Apa yang menjadi pertimbangan orang tua ketika ingin memilih sekolah di Sampoerna Academy? Nah, berikut ini beberapa keunggulan dari pendidikan berbasis STEAM di Sampoerna Academy.- Pemecahan masalah yang berorientasi pada kehidupan nyata:
- Belajar untuk komunikasi terhadap hasil temuan:
- Metode STEAM mendukung pembelajaran abad ke-21:

- Outstanding Cambridge Learner Awards
- Top in World
- Top in Country
- Top in Indonesia
- High Achievement