Ada banyak sistem pembelajaran yang dapat diaplikasikan oleh pendidik untuk mendampingi para murid mengenal diri dan potensinya. Salah satu sistem yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran yakni dengan menggunakan teori belajar humanistik. Apa maksud dari teori belajar humanistik? Yuk simak penjelasan lengkapnya di sini.
Pengertian Teori Humanistik
Teori belajar humanistik adalah salah satu teori pembelajaran yang dilandaskan pada psikologi manusia. Teori ini memfokuskan pada pengembangan diri individu dengan cara yang sesuai potensi diri. Mengamati dan menilai diri dari kacamata si pelaku. Teori ini mendorong seseorang untuk mengembangkan bakat dan potensinya hingga mampu mengenali dirinya sendiri.Pengertian Teori Humanistik Menurut Para Ahli
Berikut beberapa pengertian teori belajar humanistik menurut para ahli-
Teori Humanistik Menurut Arthur Combs
-
Teori Humanistik Menurut Abraham Maslow
-
Teori Humanistik Menurut Carl Rogers
Ciri-ciri Teori Belajar Humanistik
- Menekankan pada proses aktualisasi diri masing-masing individu
- Proses merupakan hal penting yang menjadi fokus utama belajar
- Melibatkan peran aspek kognitif dan afektif
- Mengedepankan pengetahuan atau pemahaman individu
- Mengedepankan bentuk perilaku diri sendiri
- Tidak ada yang lebih berhak mengatur proses belajar setiap individu selain dirinya sendiri
Tujuan Teori Belajar Humanistik
Humanistik merupakan aliran dalam dunia psikologi yang muncul tahun 1950-an. Dengan mengacu pada psikologi seseorang, humanistik memandang manusia sebagai manusia, makhluk hidup yang memiliki fitrah tertentu pada masing-masing individunya. Karena itu, teori humanistik memiliki tujuan untuk memanusiakan manusia, sehingga seseorang bisa mengenali dirinya sendiri dengan potensi yang ada dalam dirinya, dan diharapkan untuk bisa mengembangkannya.Manfaat Teori Belajar Humanistik
- Mampu mengubah sikap dan perilaku menjadi lebih baik
- Membiasakan diri untuk bersikap demokratis, partisipatif, dan humanis
- Menjadikan diri sebagai manusia yang dapat menghargai perbedaan dan kebebasan menyatakan ide/gagasan maupun pendapat
- Meningkatkan keinginan diri untuk belajar
Macam-Macam Teori Belajar Humanistik
Ada beberapa macam, yaitu:-
Teori belajar Arthur Combs
-
Teori belajar Bloom dan Krathwohl
-
Teori belajar Carl Rogers
-
Teori belajar Maslow
Kelebihan dan Kekurangan
Dalam teori ini terdapat kelebihan dan kekurangannya. Berikut beberapa kelebihan dari teori belajar humanistic;- Membantu membentuk kepribadian, perubahan sikap, dan hati nurani ke arah yang lebih baik
- Menumbuhkan minat dalam diri seseorang untuk terus belajar
- Menumbuhkan kreativitas pada diri seseorang
- Mampu mengubah sikap dan pola pikir
- Membuat seseorang memiliki pengalaman yang berarti
- Semakin lama waktu yang dilaluinya, seorang pembelajar dapat mencapai aktualisasi dirinya dengan baik
- Proses belajar menggunakan teori ini akan gagal jika tidak ada kesungguhan dan motivasi dari setiap individu
- Dapat memunculkan sikap individualisme
- Terbatasnya peran pendidik karena hanya berperan sebagai fasilitator
- Munculnya kesenjangan antar individu apabila beberapa individu tidak mampu atau kesulitan dalam mengenali potensi dirinya
- Tidak cocok untuk dijadikan sebagai metode pembelajaran yang praktis
- Pendidik tidak boleh lelah dalam memotivasi muridnya, karena pendidik menjadi motivasi dari luar diri individu
Konsep Teori Belajar Humanistik
Konsep dasar yang wajib dijadikan acuan pada teori belajar humanistik adalah manusia menjadi peran penting dan utama dalam mencapai kesuksesan dirinya. Dalam prosesnya, seseorang harus mempunyai motivasi baik dari dirinya sendiri maupun dari luar, serta mengerti cara belajar teori humanistik.Penerapan Teori Belajar Humanistik pada Metode Pembelajaran
Teori ini dapat diterapkan oleh pendidik manapun baik dalam pendidikan formal maupun nonformal. Karena teori ini menggunakan aspek kognitif dan afektif, maka proses pembelajaran tidak akan membawa perubahan pada perilaku siswa apabila hanya fokus pada aspek kognitif saja. Baca juga: Pengertian Problem Based Learning, Tujuan dan SintakLangkah Pembelajaran
Berikut langkah-langkah pembelajarannya;- Pendidik harus menentukan terlebih dahulu tujuan pembelajaran
- Pendidik merumuskan materi pembelajaran sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan
- Pendidik harus mengidentifikasi kemampuan murid
- Pendidik melakukan analisis topik untuk mengidentifikasi kemungkinan keikutsertaan peserta didik pada pembelajaran tersebut
- Pendidik membuat rancangan fasilitas belajar
- Pendidik memberikan bimbingan agar peserta didik dapat belajar secara aktif
- Pendidik mendorong peserta didik untuk memahami makna dari pengalaman dalam proses belajar
- Pendidik memberikan bimbingan mengenai konseptualisasi pengalaman yang diperoleh dari hasil pembelajaran
- Pendidik memberikan bimbingan pada peserta didik untuk menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya
- Pendidik melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran
Aplikasi dalam Pembelajaran
Hal yang harus diketahui adalah dalam teori belajar humanistik, pendidik hanya berperan sebagai fasilitator. Berikut ini contoh pengaplikasian teori belajar humanistik:- Memperhatikan dan memberikan motivasi belajar pada peserta didik
- Memberikan penjelasan kembali apabila ada peserta didik yang belum paham
- Mampu memahami karakter dari setiap peserta didiknya
- Menyediakan fasilitas dan sumber belajar, baik buku, media visual, maupun audio
- Tetap menjalin komunikasi yang baik dengan peserta didik supaya kondisi pembelajaran tetap terkontrol
- Memberikan dorongan untuk peserta didik agar lebih peka dan kreatif
- Memastikan suasana belajar tetap kondusif
- Memacu keaktifan tiap peserta didik