Metode belajar project based learning pada dasarnya dipakai agar para siswa memiliki diri yang lebih terampil dengan pelatihan. Disingkat PjBL, metode ini biasanya diterapkan pada PKL SMK di mana para siswa dan siswi dituntut untuk bisa melakukan pendekatan pembelajaran yang bebas dengan penentuan aktivitas belajar yang ingin dilakukan oleh mereka.
Di Indonesia metode PjBL ini diprakarsai dari hasil implikasi Surat Edaran Mendikbud no.4 tahun 2020, metode dengan tujuan utama dalam memberi pelatihan untuk para pelajar. Agar mendapatkan kemampuan dalam melakukan kolaborasi, gotong royong hingga memunculkan rasa empati terhadap sesama yang memang sangat efektif diterapkan kepada para pelajar.
Pengertian Project Based Learning
Project Based Learning adalah pendekatan yang diterapkan dalam pembelajaran dengan memberi kesempatan siswa memperdalam pengetahuan sekaligus proses pengembangan kemampuan. Hal ini dijalankan lewat kegiatan pemecahan masalah disertai proses investigasi, pengertian mengenai metode pendekatan dalam pembelajaran ini diungkap Brandon Goodman dan J. Stiver. Sebuah pendekatan proses pembelajaran yang muncul di atas kegiatan pembelajaran, termasuk adanya tugas nyata yang tujuannya memberi tantangan serta pengalaman bagi peserta didik terkait dengan kehidupan sehari-hari yang nantinya dipecahkan secara berkelompok. Hal ini diyakini mampu membuat pelajar lebih percaya diri dalam menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari. Model pembelajaran ini tak hanya fokus kepada hasil akhir, melainkan lebih menitikberatkan pada prosesnya. Bagaimana siswa bisa memecahkan masalah hingga menghasilkan karya, metode ini membuat siswa mendapat banyak pengalaman. Tentunya pengalaman berharga untuk nantinya bisa menjadikan mereka pesaing di dunia kerja dan kehidupan nyata setelah menimba ilmu.Pengertian Project Based Learning Menurut Para Ahli
-
Goodman dan Stivers
-
Made Wena
-
Grant
-
Fathurrohman
Tujuan Project Based Learning
Digunakannya Project based learning dalam dunia pembelajaran bukan tanpa alasan, karena memang memiliki tujuan tertentu yang ingin dicapai. Hal ini berkaitan dengan bagaimana tenaga pengajar mampu mengarahkan anak didik mendapatkan pengalaman dari terjun langsung ke lapangan, berikut ini beberapa tujuan dari PBL.- Digunakan untuk melatih sikap proaktif peserta didik, khususnya dalam memecahkan suatu masalah di dalam kehidupan.
- Mengasah kemampuan peserta didik, khususnya dalam menguraikan suatu permasalahan yang sedang dihadapi di dalam kelas.
- Project based learning dipakai untuk meningkatkan aktifnya siswa didik di kelas ketika diharuskan menyelesaikan permasalahan yang kompleks hingga didapatkan hasil nyata.
- Dipakai untuk mengasah keterampilan anak didik dalam memanfaatkan alat dan bahan yang terdapat di dalam kelas, tentunya untuk menunjang aktivitas belajar siswa.
- Tujuan project based learning yang terakhir adalah digunakan untuk melatih sifat kolaboratif anak didik ketika ingin memecahkan suatu masalah.
Sintak Model Pembelajaran
Yang dimaksud dengan sintak pembelajaran adalah suatu tahapan atau fase yang harus dikerjakan di dalam proses pembelajaran tersebut. Penggunaan sintak berdampak pada alur kegiatan dari proses pembelajaran, dinilai menjadi lebih jelas dan lebih terstruktur. Berikut ini sintak model pembelajaran yang diterapkan pada project based learning.-
Memahami Orientasi Masalah
-
Mengorganisir Peserta Didik
-
Memberi Bimbingan
-
Pengembangan dan Penyajian Hasil Karya
-
Analisis dan Evaluasi Proses
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Project Based Learning
- Kelebihan PBL yang pertama adalah membuat peserta didik selalu berpikir kritis dan terampil dalam menyikapi permasalahan tertentu dan kemudian memecahkan masalah tersebut.
- Project based learning juga digunakan sebagai pemicu aktivitas dari peserta didik yang dijalani di dalam kelas.
- Dalam prosesnya, peserta didik akan terbiasa untuk belajar menggunakan sumber atau referensi dengan relevansi terdekat.
- PBL sejatinya kegiatan pembelajaran yang dijalankan secara kondusif dan efektif, hal ini tak lepas dari semua siswa yang dituntut aktif.
Kekurangan Project Based Learning
- Kekurangan pertama dari project based learning adalah tidak semua materi pembelajaran bisa menggunakan model pembelajaran seperti ini.
- Kekurangan yang kedua yakni PBL membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya dalam menyelesaikan materi pembelajaran.
- Bagi peserta didik yang belum terbiasa dengan analisis permasalahan, pada umumnya mereka malas dan tidak mau untuk mengerjakan hal ini.
- Apabila jumlah peserta didik terlalu banyak di dalam satu kelas, biasanya guru menemui kesulitan untuk bisa melakukan pemberian tugas.