September 4, 2023

Pengertian Entrepreneurship, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya

Pengertian Entrepreneurship, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya

Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah sebuah konsep baru yang telah menjadi inovasi baru dalam dunia bisnis yang memiliki makna kreativitas, keberanian, dan inovasi. Entrepreneurship bukan sekedar menciptakan bisnis baru, tetapi juga menciptakan nilai tambah bagi masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan.

Secara garis besar, Entrepreneurship dapat diartikan sebagai proses yang melibatkan inovasi, kreativitas, dan kemampuan untuk melihat peluang di tengah tantangan dan ketidakpastian. Untuk mengenal lebih dalam mengenai entrepreneurship, mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, hingga tahapannya, simak artikel berikut ini, ya!

Pengertian Entrepreneurship

Entrepreneurship atau kewirausahaan adalah istilah yang berasal dari bahasa Perancis, entreprendre, yang berarti melakukan. Istilah ini kemudian berkembang menjadi entrepreneur atau wirausaha, yang berarti orang yang melakukan atau menjalankan usaha.

Entrepreneurship adalah kemampuan dan kemauan untuk mengembangkan, mengelola, dan menjalankan suatu usaha, termasuk mengambil risiko yang terlibat di dalamnya untuk mencapai keuntungan. Pengertian entrepreneurship berbeda dengan wirausaha, yang dimana adalah orang yang pandai atau berbakat untuk membuat sebuah produk, membuat strategi produksi dan cara operasinya. 

Tujuan Entrepreneurship

1. Mendukung Usaha-Usaha Kecil

Tujuan dari entrepreneurship adalah membantu untuk mendukung berjalannya suatu usaha, salah satunya adalah usaha-usaha kecil yang baru saja berkembang. Usaha-usaha kecil berperan penting dalam perekonomian suatu negara. 

Usaha-usaha kecil menyerap tenaga kerja yang besar, menciptakan inovasi, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, penting untuk mendukung usaha-usaha kecil agar dapat berkembang dan maju. Jika usaha-usaha kecil ini mulai didukung penuh, maka lapangan pekerjaan pun aku kembali terbuka besar, dan perekonomian masyarakat juga akan terbantu. 

2. Meningkatkan Perekonomian

Entrepreneurship dapat meningkatkan perekonomian suatu negara dengan menciptakan produk dan jasa baru. Produk dan jasa baru ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak terpenuhi oleh produk dan jasa yang sudah ada.

Selain itu, entrepreneurship juga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas perekonomian. Hal ini karena wirausahawan selalu berusaha untuk menemukan cara baru untuk memproduksi barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah.

3. Menciptakan Lapangan Kerja yang Luas

Entrepreneur dapat membantu menciptakan lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat. Hal tersebut dikarenakan sebuah usaha membutuhkan tenaga kerja yang cukup untuk menjalankan usahanya. Menciptakan lapangan kerja yang luas dapat meningkatkan semangat pekerja dapat berinovasi dan membantu mereka terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. 

Manfaat Entrepreneurship

1. Memberi Kemampuan Untuk Melakukan Perubahan

Dengan semakin banyak orang yang berpindah untuk menjadi entrepreneur, maka semakin besar peluang mereka untuk melakukan perubahan. Perubahan tersebut penting bagi entrepreneurship dikarenakan mereka harus memikirkan cara untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial serta memiliki solusi untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. 

Pengertian Entrepreneurship, Tujuan, Manfaat, dan Tahapannya

2. Memberi Kemampuan Untuk Mencapai Keuntungan Besar

Seseorang dapat memulai dirinya untuk menjadi seorang entrepreneur adalah peluang yang besar untuk mendapatkan keuntungan yang tanpa batas. Hal tersebut dapat dicapai dengan menjual produk atau jasa dengan harga yang sesuai dengan pasar. 

3. Mendapatkan Kepuasan Diri

Salah satu manfaat dalam entrepreneurship lainnya adalah menjadi sarana bagi seseorang untuk mencapai kepuasan diri mereka untuk menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Seorang wirausahawan dapat merasakan kepuasan ketika berhasil menjalankan bisnisnya dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Tahapan Menjadi Entrepreneur

Lantas bagaimana seseorang dapat berpindah menjadi seorang entrepreneur? Langkah pertama adalah memiliki tujuan dan gagasan berfikir kreatif serta ide-ide inovatif sehingga dapat menyelesaikan masalah masyarakat. Simak lebih lanjut tahapannya!

  1. Tahapan Memulai

Tahap memulai adalah tahap pertama dalam menjadi entrepreneur. Pada tahap ini, seorang entrepreneur harus memiliki ide atau gagasan untuk bisnisnya. Ide atau gagasan ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti pengalaman pribadi, pengamatan terhadap lingkungan, atau hasil riset.

  1. Tahapan Pelaksanaan

Tahap pelaksanaan adalah tahap kedua dalam menjadi entrepreneur. Pada tahap ini, seorang entrepreneur harus menjalankan bisnisnya sesuai dengan rencana bisnis yang telah dibuat. Tahap ini dapat mulai dari melakukan pembiayaan, membentuk SDM yang berkualitas dan melakukan pengambilan risiko dan pengambilan keputusan yang tepat. 

  1. Pertahankan Usaha

Tahap mempertahankan usaha adalah tahap ketiga dalam menjadi entrepreneur. Pada tahap ini, seorang entrepreneur harus mempertahankan bisnisnya agar tetap berjalan dan berkembang karena pada tahap ini pasti adanya tantangan dan hambatan dalam menjalankan usaha mereka. 

  1. Pengembangan Usaha

Tahap ini adalah dimana entrepreneur dapat mengembangkan usaha mereka mulai dari memperbanyak relasi, melakukan inovasi terhadap produk, dan memperbesar kualitas produk atau jasa mereka. 

Sampoerna Academy

Sampoerna Academy adalah sekolah internasional yang menerapkan pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pembelajaran berbasis kolaboratif. Kamu dapat berinteraksi dengan melatih skill komunikasi kamu dengan teman-teman untuk melatih pemikiran kritis, pemecahan masalah dan membuat keputusan yang tepat. 

Sampoerna Academy juga menerapkan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan interaktif. Guru-guru berperan sebagai fasilitator belajar yang mendorong partisipasi aktif siswa, diskusi kelompok, proyek kolaboratif, dan penggunaan teknologi pendukung, seperti penggunaan perangkat elektronik dan platform pembelajaran digital.

Sampoerna Academy memberikan perhatian khusus pada pendampingan dan dukungan individu. Guru dan staf pendidikan memberikan bimbingan dan konseling kepada siswa untuk membantu mereka dalam menghadapi tantangan akademik atau pribadi yang mungkin mereka hadapi. Tujuannya adalah untuk mendukung perkembangan penuh potensi setiap siswa.

Kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dan biaya sekolah. Jadilah bagian dari Sampoerna Academy yang akan membantu mereka meraih impian besarnya! Ikuti proses penerimaan siswa baru tahun ajaran 2023-2024 disini. Recruitment Team kami akan segera menghubungi untuk memberi informasi lebih detail.

Download Sampoerna Academy Booklet for Free!